Kamis, 04 Juli 2013

Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Orang tua mana yang tidak bahagia dan bangga melihat pertumbuhan sang buah hati dengan baik. Pertumbuhan seorang anak sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang bergizi. Nafsu makan yang naik turun juga berpengaruh untuk pertumbuhan seorang anak. Ketika nafsu makan meningkat sang bunda tidak perlu khawatir akan pertumbuhan anaknya. Namun saat nafsu makannya menurun, sang bunda joke harus memutar otak untuk tetap menstabilkan nafsu makan sang anak.

Berikut cara meningkatkan nafsu makan Anak :


1. Memberi bentuk gambar pada makanan
Bentuk gambar pada makanan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan nafsu makan pada balita. Contohnya bunda bisa menyajikan telor mata sapi dengan menambahkan hiasan sayuran diatasnya seolah seperti gambar rambut boneka. Wortel juga bisa dibentuk menjadi bunga, atau sayuran lainnya.
2. Jangan memberikan jenis makanan yang sama
Memberikan jenis makanan yang sama pada balita akan membuatnya bosan, bahkan tak ingin memakannya lagi. Orang dewasa saja jika diberikan makanan yang itu itu saja pasti akan merasa bosan, sama hal nya dengan balita. Jangan melulu makanan pokok tetapi juga harus ada makanan pendamping misalnya biscuit ataupun kue khusus untuk balita.
Bunda juga bisa mencoba dengan bahan yang sama tetapi dengan resep yang berbeda, misalnya jagung selain dibuat sop, bisa juga dimasak untuk dadar jagung, atau makanan selingan seperti kue jagung dan lain sebagainya. Jadi bunda harus pintar-pintar mengatur jenis makanan untuk balitanya.
3. Menyajikan makanan pada tempat makan dengan gambar yang menarik
Terkadang balita hanya ingin makan ditempat makan kegemarannya. Berbagai macam gambar yang menarik ditempat makan itu sendiri dirancang untuk menarik dan meningkat nafsu makan pada balita. Mulai dari gambar bunga, bulan, bintang, hewan, buah-buahan bahkan gambar tokoh kartun yang sedang in sekarang, contohnya saja Angry Bird, Sponge bob, Princess, Doraemon dan lain sebagainya.
4. Membuat jus buah-buahan
Untuk balita yang tidak suka makan buah secara utuh atau langsung, bunda bisa mengolah buah-buahan dengan membuatnya menjadi jus. Seperti jus pisang ambon yang diambil dagingnya, jus jeruk manis atau papaya dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.
5. Menambah multivitamin
Sebagian orang tua ada yang memberikan multivitamin kepada balita secara rutin setiap pagi, sebagai sarapan. Pemberian multivitamin kepada balita bisa berfungsi sebagai ‘asuransi kesehatan’ yang dapat memenuhi jika terjadi kekurangan gizi. Bunda harus memilih vitamin yang diformulasikan secara khusus untuk anak-anak dan pastikan untuk kandungan semua vitamin dan vegetable yang terdaftar.
Jangan lupa untuk mengikuti dosis yang tercantum pada label. Simpan multivitamin jauh dari jangkauan anak-anak, karena ada rasanya yang manis seperti permen. Anak-anak bisa mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dan bisa overdosis. Untuk pemberiannya bunda bisa campurkan ke dalam makanan balita, seperti yoghurt atau pudding.
Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anak Anda, sebelum memutuskan memberikan multivitamin atau suplemen secara rutin kepada anak.
Mungkin ini hanya sebagian cara sederhana untuk meningkatkan nafsu makan pada balita. Masih banyak yang dapat dilakukan oleh para bunda agar tetap stabil nafsu makannya supaya tumbuh kembangnya baik. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar